Kesenian Budaya Wayang Kulit di Yogyakarta

Setelah sekian lama menjalani kerja WFH dan melalui banyak aktifitas pekerjaan yang cukup memusingkan, Akhirnya pada awal tahun ini kantor tempat saya bekerja mengadakan liburan dengan daerah wisata yang ditujuh adalah jogja.

Saya sangat antusius mengikuti liburan ini, pada kamis pagi di bulan januari kami berangkat dari stasiun senin tujuan stasiun tugu jogja. setelah sampai disana kami banyak mengunjungi beberapa destinasi wisata. salah satunya adalah pertunjukan seni wayang kulit di kraton yogyakarta. Pada saat melihat pertunjukan kesenian Wayang Kulit ini, kami disuguhkan dengan cerita-cerita tentang kehidupan manusia dalam sehari-hari. Penampilan pertunjukan kesenian ini pun sangat menarik, penyampaian cerita yang digunakan menggunakan bahasa Jawa yang sebenarnya saya tidak terlalu mengerti (karena saya bukan orang asli jawa) tetapi saya masih bisa tetap menikmati karena diiringi irama musik gamelan nan syahdu sebagai pelengkap dalam pertunjukan.

Nah dari sini saya cukup tertarik dan menjadi penasaran dengan objek seni dari wayang kulit ini. Menjadi sebuah pertunjukan seni tradisonal warisan dari nenek moyang yang diturunkan secara temurun menjadikan wayang kulit ini sebagai seni yang unik dan patut untuk diteliti lebih lanjut supaya seni ini tetap eksis dan tidak tergerus jaman. Sudah sepatutnya kita harus melestarikan budaya kita sendiri dan juga merawatnya. 


JOHN HERU / 202046500081 / Kajian Seni Rupa & Desain

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kajian literatur

Analisis Semiotika Pada Film Laskar Pelangi

Penanda & Petanda dalam teori Semotika (di kehidupan sehari-hari)